Taliban dan Perusahaan Australia Bangun Pengolahan Ganja

  • Bagikan
Ladang Ganja (Ilustrasi)

Nilai investasi pengolahan ganja di Afghanistan mencapai 450 juta dolar AS.

KABUL – Taliban menandatangani kesepakatan dengan perusahaan Australia, Cpharm, untuk mendirikan pusat pemrosesan ganja di Afghanistan. Nilai investasi dalam proyek itu dilaporkan mencapai 450 juta dolar AS.

Seperti dilaporkan laman Al Arabiya, dalam pengumumannya pada Rabu (24/11), Direktur Pers Taliban Qari Saeed Khosty mengungkapkan, kontrak terkait pendirian pusat pemrosesan ganja telah ditandatangani. Proyek itu bakal dimulai dalam dalam beberapa hari mendatang.

Khosty mengungkapkan, nantinya Cpharm, yang memproduksi krim obat ganja, akan diberikan akses ke ribuan hektare tanaman ganja di Afghanistan. Menurut kantor berita Pajhwok, wakil menteri Taliban untuk urusan narkotika telah melakukan pertemuan dengan perwakilan Cpharm pada Selasa (23/11). Cpharm menjanjikan investasi 450 juta dolar AS untuk proyek pembuatan pusat pemrosesan ganja tersebut.

Taliban berhasil mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada pertengahan Agustus lalu. Sejak saat itu, krisis ekonomi dan kemanusiaan di sana kian memburuk. Aksi kejahatan, seperti penculikan dan perampokan, dilaporkan meningkat tajam di berbagai daerah, terutama ibu kota Kabul.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments