Pengacara: Sejak Ditangkap, Kece Belum Pernah Dibawa Berobat

  • Bagikan
Terdakwa kasus penistaan agama, M Kece, usai menjalani sidang perdana di PN Ciamis, Kamis (25/11).

Persidangan perdana perkara penistaan agama ditunda karena M Kece mengeluh sakit.

CIAMIS — Persidangan perdana kepada terdakwa kasus penistaan agama, M Kece, di Pengadilan Negeri (PN) Ciamis Kelas I B pada Kamis (25/11) ditunda oleh majelis hakim. Penundaan itu dilakukan lantaran terdakwa dinyatakan dalam kondisi tak sehat.

Kuasa hukum terdakwa kasus penistaan agama, M Kece, Kamarudin Simanjuntak, mengatakan, kliennya memang sedang dalam kondisi tidak fit untuk menjalani persidangan. Karena itu, terdaksa harus dibawa berobat terlebih dahulu.

“Kebetulan sejak ditangkap dan disiksa dalam tahanan, belum pernah dibawa berobat. Padahal badan dia sudah hancur, beberapa kali diare, tapi kita sudah berulang kali kirim surat, tidak ada yang rela untuk membawa berobat,” kata dia usai persidangan, Kamis.

Menurut Kamarudin, pihaknya pernah membawa dokter ke Rutan Bareskrim Polri untuk memeriksa kondisi kesehatan kliennya saat ditahan di tempat itu. Namun, niatannya itu ditolak dengan alasan tidak ada izin pimpinan.

“Padahal dalam undang-undang, itu adalah hak yang bersangkutan. Artinya undang-undang kalah dengan izin pimpinan,” kata dia.

Ia menilai, keputusan majelis hakim untuk menunda jalannya persidangan sudah sangat bijaksana. Apalagi, jaksa penuntut umum disebut tak bisa membuktikan kondisi M Kece dalam keadaan sehat.

Menurut dia, jaksa penuntut umum menginginkan persidangan tetap dilanjutkan. Namun, jaksa tak bisa membuktikan M Kece dalam keadaan sehat dengan surat kesehatan.

“Tadi kita minta ditunda dua minggu. Tapi majelis hakim memutuskan mundur seminggu, tapi jaksa seperti tidak puas. Yang penting bagi kami terdakwa dipulihkan dulu,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Republika, usai persidangan selesai, M Kece dibawa ke suatu ruangan untuk diperiksa kondisi kesehatannya oleh dokter. Jalannya tergopoh-gopoh.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments