Ini Beda Infeksi Covid-19 dengan Flu

  • Bagikan
Ilustrasi Covid-19. Bedakan Covid-19 dengan flu.

Infeksi Covid-19 menunjukkan gejala hilang penciuman, baik sebagian atau total.

 JAKARTA — Seringkali orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menyadarinya dan menganggap hanya menderita flu biasa. Dokter dari Universitas Diponegoro Alexandra Clarin Hayes menyebutkan perbedaan orang yang terinfeksi Covid-19 dengan flu biasa.

“Secara umum gejala flu memang hampir mirip dengan gejala Covid-19. Tetapi tidak semua orang yang bergejala menderita flu atau infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pasti menderita Covid-19,” ujar Alexandra saat berbicara di konferensi virtual FMB9 bertema ‘Pasca Covid, Kok Badan Susah Merasa Bugar Kembali?’, Kamis (25/11).

Ia menambahkan, seseorang yang terinfeksi Covid-19 kemudian dilanjutkan dengan gejala lain seperti anosmia atau kehilangan penciuman, baik sebagian atau total. Kemudian ada yang berlanjut ke tidak bisa merasakan makanan, bahkan ada juga yang menderita diare. 

“Yang paling penting bedanya ada riwayat kontak dengan orang positif Covid-19. Jadi, kalau khawatir bisa (jalani) tes polymerase chain reaction (PCR),” ujar dia.

Kemudian usai sembuh dari Covid-19 tapi masih merasakan sakit tenggorokan dan penciuman yang masih hilang, ia mengakui itu bisa terjadi. Setelah terpapar atau positif Covid-19, seseorang masih bisa merasakan gejalanya.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments