Alasan Dokter Persib Tolong Pemain Persiraja yang Terkapar

  • Bagikan
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani.

Dokter tim Persib, Rafi Ghani, mengakui pertolongan yang diberikan hanya spontanitas.

BANDUNG — Laga Persib Bandung kontra Persiraja Banda Aceh, Rabu (24/11) malam, disorot usai aksi penyelamatan terhadap pemain Persiraja, Ramadhan, oleh tim medis Persib. Ramadhan terkapar setelah benturan keras bola pada dadanya.

Dokter tim Persib, Rafi Ghani, mengakui pertolongan yang diberikan hanya spontanitas. Nalurinya sebagai dokter membuat dia masuk ke lapangan tanpa diminta oleh tim medis lawan.

“Kemarin itu hanya spontanitas karena saya lihat Ramadhan tidak bergerak. Jadi spontanitas saya sama-sama membantu meski di sana sudah ada tim medis dari Persiraja,” kata Rafi, Kamis (25/11). “Sebenarnya, SPO itu ketika wasit manggil tim kesehatan, tapi harus dilihat kondisinya, kalau seperti kemarin kami tidak lagi menunggu aba-aba karena harus ditangani dengan cepat.”

Saat itu, lanjut Rafi, denyut nadi Ramadhan sangat cepat dan jantungnya berdebar keras. Kesadaran Ramadhan yang mulai menurun membuatnya bersiap untuk melakukan resusitasi atau pompa jantung dan rangsang nyeri agar kesadarannya kembali.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments