Nama Meta ‘Facebook’ Ternyata Sudah Dipakai oleh Startup AS

  • Bagikan
Facebook meluncurkan tanda Meta baru mereka di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, Kamis, 28 Oktober 2021. Facebook Inc. yang diperangi mengubah namanya menjadi Meta Platforms Inc., atau Meta, untuk mencerminkan apa yang CEO Mark Zuckerberg mengatakan komitmennya untuk mengembangkan teknologi surround-yourself baru yang dikenal sebagai metaverse. Namun jejaring sosial itu sendiri akan tetap disebut Facebook.

Meskipun demikian, dilansir dari Ubergizmo, Kamis (4/11), tampaknya perubahan nama menjadi Meta dapat membuat perusahaan mengeluarkan biaya yang cukup besar.


Sebabnya, pada Agustus, Zach Shutt mengajukan merek dagang “Meta” untuk perusahaan PC startup-nya. Perusahaan itu telah menjual produk dengan merek Meta PC pada November 2020.


Facebook, di sisi lain, mengajukan merek dagang pada 28 Oktober, tetapi tidak ada pengajuan yang disetujui. Artinya, mungkin ada pertempuran hukum atas nama tersebut.


Namun, menurut TMZ, Schutt dan salah satu pendiri Meta PC Joe Darger telah menyarankan mereka bersedia untuk melepas nama itu jika Mark Zuckerberg bersedia membayar mereka 20 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 286,4 miliar untuk nama tersebut.


Facebook belum mengomentari masalah ini, jadi tidak jelas bagaimana kelanjutannya. Meskipun demikian, Ubergizmo telah melihat berbagai contoh situasi semacam ini di masa lalu, jadi apakah Facebook hanya akan membayar 20 juta dolar AS agar Meta PC turun, atau melawannya di pengadilan masih harus dilihat.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments