Dugaan Kejahatan Kemanusiaan di Venezuela Mulai Diselidiki

  • Bagikan
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Ada dugaan pejabat di pemerintahan Presiden Maduro melakukan kejahatan kemanusiaan. Ilustrasi.

Ada dugaan pejabat di pemerintahan Presiden Maduro melakukan kejahatan kemanusiaan

DEN HAAG — Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Karim Khan akan membuka penyelidikan atas kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan di Venezuela. Khan mengatakan dia akan membuka penyelidikan untuk menetapkan kebenaran peristiwa di Venezuela.

Penyelidikan ini telah disepakati oleh Presiden Venezuela Nicolas Maduro yang menandatangani nota kesepahaman dengan Khan. Pemerintah Venezuela membenarkan perpindahan dari tahap pemeriksaan pendahuluan ke tahap penyelidikan.

“Pemeriksaan pendahuluan yang dibuka pada 2018 tidak lebih dari tahap penyaringan saat kita memasuki tahap baru ini,” kata Khan.

Pemerintah posisi Venezeula juga telah meminta ICC untuk menyelidiki dugaan kejahatan yang dilakukan oleh lawan mereka. Pemimpin oposisi Juan Guaido mendukung keputusan untuk membuka penyelidikan.

ICC telah melakukan pemeriksaan pendahuluan ke Venezuela sejak 2018. Menurut ICC, ada dugaan bahwa pejabat di pemerintahan Maduro telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Khan menekankan independensi pengadilan dan penyelidikannya tidak boleh dipolitisasi.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments