Tips Aman Bermanuver dengan Mobil

  • Bagikan
Perempuan berkendara. Ilustrasi

Manufer perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan agar hal itu bisa dilakukan aman.

 JAKARTA — Dalam kondisi tertentu, pengendara perlu melakukan manuver agar bisa mencapai tujuan dengan lebih cepat. Tentu, berkendara dengan agresif perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan agar hal itu bisa dilakukan dengan aman.

Oleh karena itu, Daihatsu menggelar diskusi virtual lewat kerja sama dengan GT Radial. Diskusi yang dikemas dengan tajuk ngobrol asik itu melibatkan Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana sebagai pemateri.

Sony menyebut bahwa manuver sering diartikan sebagai reaksi pengemudi ketika melakukan tindakan seperti zig-zag, selap selip, pengereman mendadak, berbelok dan kondisi khusus lainnya.

“Manuver dibagi menjadi 2 kategori, yaitu manuver ekstrim dan manuver aman. Manuver ekstrim dapat berdampak buruk ketika pengemudi tidak dapat mengontrol kendaraannya dan berujung terjadinya selip. Sedangkan manuver aman yaitu pengemudi selalu dalam kontrol emosi yang stabil dan dengan penuh tanggung jawab,” kata Sony dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Senin (25/10).

Ia pun menggambarkan, dalam berkendara biasanya pengemudi dihadapkan pada kondisi yang cenderung nyaman dan tidak memperhitungkan resiko bahaya sehingga kadang dapat menurunkan tingkat kewaspadaan dan ketidak siapan dalam mengantisipasi. Untuk mengantisipasi hal ini, pengendara membutuhkan skill dalam mengontrol kendaraan dan menguasai emosi secara benar dan tepat.

Ada empat hal yang perlu diperhatikan agar pengendara bisa melakukan manuver aman. Empat hal itu adalah operational (driving technic), seat position (ergonomis & dinamis), pergerakan atau kecepatan dan track area.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments