Muncul Petisi Larang Gunakan Senjata Api Asli di Film

  • Bagikan
Aktor Alec Baldwin. Pada Kamis (21/10), senjata properti yang dipakai Baldwin dalam syuting film Rust membuat cedera sutradara Joel Souza dan menewaskan sinematografer Halyna Hutchins.

Menurut penggagas petisi, penggunaan senjata api asli bisa digantikan oleh CGI.

JAKARTA — Aktor asal AS Xander Berkeley menggagas sebuah petisi yang melarang penggunaan senjata api asli untuk keperluan syuting. Petisi yang diluncurkan di laman change.org itu muncul sebagai buntut insiden tertembaknya sinematografer Halyna Hutchins oleh Alec Baldwin di lokasi syuting Rust.

Berkeley mengatakan bahwa tragedi semacam ini seharusnya tidak terjadi pada abad 21. Karenanya, menurut dia, penggunaan senjata api asli sebagai properti syuting mesti dilarang agar insiden serupa tidak terulang.

“Senjata asli tidak lagi diperlukan di set produksi film. Ini bukan awal 90-an, ketika Brandon Lee terbunuh dengan cara yang sama. Perubahan perlu dilakukan, sebelum banyak nyawa lain melayang,” kata Berkeley seperti dilansir dari NME, Senin (25/10).

Dalam petisinya, Berkeley juga memberikan penghormatan kepada mendiang Hutchins. Ia menyatakan bahwa Hutchins akan terus dikenang sebagai sineas perempuan yang berbakat di Hollywood.

“Dia membuat tiga film layar lebar sebelum Rust, tapi ini akan menjadi film yang akan menempatkannya di peta Hollywood sebagai sinematografer perempuan berbakat yang bekerja dengan selebritas papan atas,” kata aktor Terminator 2 itu tentang Hutchins.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments