Kasus Psikosis Melonjak di Inggris Selama Pandemi

  • Bagikan
Ilustrasi kesehatan mental

Ada peningkatan 75 persen jumlah orang yang dirujuk atas dugaan psikosis

LONDON — Kasus psikosis di Inggris melonjak selama dua tahun terakhir. Hal ini mengakibatkan banyaknya orang yang mengalami halusinasi dan pemikiran delusi di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Menurut data National Health Service (NHS), terdapat peningkatan 75 persen jumlah orang yang dirujuk ke layanan kesehatan mental atas dugaan psikosis antara April 2019 dan April 2021.

Sepanjang musim panas, kenaikan terhadap kasus psikosis di Inggris terus berlanjut. Pada Juli 2021 terdapat 12.655 rujukan, naik 53 persen dari dari 8.252 rujukan pada Juli 2019.

Peningkatan ini memang terlihat sangat besar terjadi setahun terakhir, yakni pada saat lockdown nasional pertama di Inggris. Menurut data yang dianalisis oleh Badan Amal Rethink Mental Illness, lebih dari 13 ribu rujukan tercatat pada Mei 2021, naik 70 persen dari Mei sebelumnya ketika terdapat 7.813 rujukan.

Badan amal itu mendesak pemerintah untuk meningkatkan investasinya dalam berbagai pencegahan dini ‘psikosis’. Hal tersebut perlu dilakukan pemerintah agar penyakit yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pulih ini dapat tertangani, sebelum gangguan kesehatan mentalnya semakin memburuk.

Bahkan dalam statistik terlihat bahwa bukti nyata yang menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap penderita psikosis di seluruh populasi dunia selama pandemi.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments