KPAI: Bioskop Harus Jadi Tempat Kuatkan Moral Anak

  • Bagikan
Daniel Craig dalam film James Bond terbaru, No Time to Die. Film terakhir Craig sebagai James Bond ini diprotes sebagian orang tua karena memperlihatkan adegan intim suami-istri secara implist.

KPAI berharap rating No Time To Die telah sesuai dengan hak-hak anak.

JAKARTA — Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai, tempat menonton film, seperti bioskop, harus memiliki kekuatan moral dalam menyelamatkan anak dari tontonan yang menganggu tumbuh kembangnya. Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Perlindungan Anak menyatakan bahwa setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan, mencari informasi yang layak anak, baik dari aspek pendidikan, mengenali nilai-nilai sosial, budaya, dan agama.

Terkait rating film, KPAI berharap klasifikasi usia penonton yang ditetapkan Lembaga Sensor Film (LSF) sudah sesuai dengan hak-hak anak. Belakangan, sejumlah orang tua mempertanyakan klasifikasi 13+ film No Time To Die yang dinilai tak cocok dengan usia penonton karena memiliki adegan dewasa.

“Terkait rating film No Time To Die 13+, sudah seharusnya bioskop ikut menjaga dan merawat moral anak anak bangsa, mendukung tumbuh kembang anak anak, menjauhkan paparan pornografi,” kata Komisioner KPAI Jasra Putra kepada Republika.co.id, Selasa (12/10).

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments