Cara Ubah Default Browser di Windows 11

  • Bagikan
Tampilan widget Windows 11.

Microsoft tampaknya ingin menjadikan Edge sebagai default browser di Windows 11.

 NEW YORK — Sebagian pengguna Windows terbiasa untuk mengakses internet lewat aplikasi Google Chrome. Tapi, dalam Windows 11, Microsoft terlihat ingin mendorong pengguna untuk menggunakan Microsoft Edge sebagai browser app.

Dikutip dari The Verge pada Selasa (12/10), upaya itu terlihat dari cara Microsoft dalam memperumit cara untuk mengganti default browser. Bahkan, pengguna yang melakukan pembaruan dari Windows 10 ke Windows 11 juga dipersulit.

Karena, begitu melakukan update, maka browser app yang tadinya dijadikan sebagai default browser akan otomatis dialihkan menjadi Microsoft Edge. Sehingga, tiap pengguna akan membuka tautan atau dokumen portable document format (PDF), maka tautan atau file itu akan secara otomatis dibuka lewat Edge.

Bahkan, perbedaan pun terjadi saat pengguna membuka beberapa browser app seperti Chrome dan Mozilla Firefox. Pada operating system Windows sebelumnya, setiap pengguna membuka browser app seperti Chrome dan Mozilla Firefox maka akan muncul tawaran untuk menggunakan aplikasi itu sebagai default browser.

Nah, pada Windows 11, tawaran itu tak lagi muncul. Kalaupun muncul, aktivasinya pun terlihat lebih rumit.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments