Meuseuraya Rawat Sejarah

  • Bagikan
b153a3b1 5ce9 4a53 a681 ca3fb24bb59e
Patahan-patahan nisan yang berbahan batuan pasir (sandstone) ini kemudian dicocokkan satu sama lain dan ditempel menggunakan lem untuk menyempurnakan kembali seperti bentuk semula. (Foto : Febby Andriani)
Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh menjadi lokasi Meuseuraya selama kurun waktu tiga bulan terakhir dan sudah hampir 80 persen makam berhasil diltaa ulang. (Foto : Febby Andriani)
Tak jarang ditemukan patahan-patahan nisan yang tertutup semak belukar bahkan tertimbun di dalam tanah. (Foto : Febby Andriani)
Lokasi meuseuraya di Gampong Lambung. Diperkirakan terdapat  tiga ratusan makam di wilayah dengan luas sekitar 3-4 hektar. Ini menjadi lokasi makam peninggalan sejarah terluas di Banda Aceh dan diperkirakan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Namun, hingga kini belum satupun nisan yang ditemukan terdapat inskripsi nama dari pemilik masing-masing nisan tersebut.
WhatsApp Image 2021-10-11 at 15.15.52
Sebagai bentuk melestarikan peninggalan sejarah, Mapesa Aceh rutin melakukan penataan ulang situs makam dan nisan  Biasanya, kegiatan dilakukan secara gotong royong tiap minggunya.(Foto : Febby Andriani)
Membersihkan pahatan yang ada di nisan dilakukan untuk proses identifikasi inskripsi, ragam seni hias serta mengklasifikasikan jenis dari situs objek tersebut. Dari tipologi yang terpahat di nisan-nisan ini, tim Mapesa Aceh melihat adanya kesamaan dengan nisan bertipologi Aceh Darussalam pada abad ke-17 hingga 18. (Foto : Febby Andriani)
WhatsApp Image 2021-10-11 at 15.15.51 (1)
Pengerjaan biasanya diawali dengan membersihkan semak belukar di area sekitar kompleks makam. Kegiatan ini terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung. (Foto : Febby Andriani)

Banda Aceh- “Meuseuraya” dalam bahasa Aceh memiliki makna gotong royong. Masyarakat Peduli Sejarah (Mapesa) Aceh rutin melakukan kegiatan penataan ulang situs bersejarah yang terbengkalai di tanah Serambi Mekkah. Berikut adalah beberapa foto yang diambil pada saat kegiatan Meuseuraya di Gampong (Kampung) Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Minggu Siang (10/10/2021).

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments