Kena Covid-19 Setelah Vaksinasi, Bisakah Alami Long Covid?

  • Bagikan
Muncul pertanyaan terkait

Muncul pertanyaan terkait ‘long covid’ bagi mereka yang sudah divaksinasi.

JAKARTA — Long Covid merupakan gejala-gejala yang masih mungkin terjadi kepada para penyintas Covid-19 yang telah sembuh. Beberapa gejala itu beragam, termasuk sesak nafas, jantung berdebar kencang, rambut rontok, dan lain-lain.

Long Covid terjadi setelah sembuh dari infeksi. Lamanya pun beragam, ada yang satu bulan atau lebih. Kondisi ini dapat berkembang setelah infeksi awal yang parah atau bahkan pada mereka yang awalnya memiliki gejala ringan atau tanpa gejala.

Namun, seiring dengan perkembangannya, para ilmuwan telah menemukan vaksin yang telah terbukti menurunkan gejala pada penderita Covid-19. Hal itu pun menimbulkan pertanyaan, bisakah seseorang terkena Long Covid jika terinfeksi setelah vaksinasi?

Menurut laman AP News yang dilansir Jumat (6/8), jawaban dari pertanyaan itu masih tidak jelas. Namun demikian, para peneliti sedang mempelajari kemungkinan gejala jangka panjang Covid-19 berkembang setelah vaksinasi.

Vaksin COVID-19 yang digunakan di seluruh dunia efektif untuk mencegah penyakit parah dan kematian akibat virus corona. Akan tetapi beberapa orang memang terinfeksi setelah disuntik. Dengan kasus-kasus “terobosan” seperti itu, para ahli kesehatan mengatakan vaksin akan membantu mengurangi keparahan penyakit yang dialami orang.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments