Ambisi Joe Biden Soal Penjualan Mobil Listrik di AS

  • Bagikan
Ilustrasi Mobil Listrik

AS menargetkan untuk dapat menghadirkan 500 ribu charging station hingga 2030.

 WASHINGTON — Amerika Serikat (AS) jadi salah satu negara yang agresif dalam mendorong penerapan kendaraan listrik. Presiden pun terus meneratakpan sejumlah strategi dan target terkait penerapan electric vehicle (EV).

Dikutip dari Car and Driver pada Jumat (6/8), Joe Biden menginginkan agar 50 persen penjualan mobil baru merupakan penjualan yang disumbang oleh EV. Diharapkan, target itu mampu tercapai pada 2030.

Sejumlah pabrikan pun sepakat dengan rencana itu. Bahkan, regulasi ini akan dilengkapi dengan hukuman bagi pabrikan yang tak mampu mencapai target tersebut pada 2030.

Rancangan regulasi itu pun diharapkan membuat pabrikan berlomba dalam mendorong penjualan EV. Sejumlah pabrikan yang siap untuk mendukung kebijakan itu diantaranya adalah BMW, Ford, General Motors, Honda, Toyota, Volkswagen dan Volvo.

Saat ini, penjualan EV di AS berkontribusi sekitar 3 persen dari total sales. Artinya, beragam upaya perlu dilakukan untuk mendongkrak porsi penjualan dengan signifikan dalam tempo sembilan tahun.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments