Survei: Perempuan AS Semakin Terlibat di Masjid

  • Bagikan
Survei: Perempuan AS Semakin Terlibat di Masjid. Foto ilustrasi: Masjid Central Saigon

Masjid semakin sering dikunjungi perempuan AS.

WASHINGTON — Perempuan dalam kehidupan dan pengelolaan masjid di Amerika Serikat selama ini terlihat kurang melibatkan diri. Namun, survei terbaru memperlihatkan perubahan atas pola ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan Ihsan Bagby, seorang profesor Studi Islam dan bagian dari Faith Communities Today (FACT) 2020, menyebut jumlah masjid dimana wanita dewasa yang terlibat dalam kegiatan shalat Jumat lebih dari seperempat terus mengalami peningkatan, antara 2011 hingga 2020.

Dilansir di Pew Research, Kamis (5/8), jumlah wanita  yang mengikuti shalat Jumat lebih dari seperempat jamaah pada 2011 berada di angka 14 persen dari jumlah masjid yang ada di AS. Sementara, pada 2020 angka tersebut meningkat menjadi 21 persen.

Meskipun ada peningkatan, laki-laki terus menjadi bagian terbesar dari peserta shalat Jumat di sebagian besar masjid AS. Laki-laki merupakan mayoritas jamaah shalat Jum’at di 94 persen masjid. Tidak terlihat ada masjid di mana jamaah laki-lakinya kurang dari tiga, dari sepuluh peserta shalat Jumat.

Survei tersebut juga menemukan 44 persen masjid tidak memiliki jamaah anak-anak saat shalat Jumat. Hal ini biasanya biasanya terjadi saat hari sekolah.

Porsi jamaah wanita yang relatif kecil di antara seluruh jamaah shalat Jumat sejalan dengan hasil survei Pew Research Center sebelumnya, terhadap orang dewasa Muslim Amerika.

Studi terbaru dari Pew Research Center, yang dilakukan pada 2017, menemukan wanita Muslim lebih kecil kemungkinannya untuk menghadiri ibadah di masjid setiap minggu dibandingkan pria. Hasil yang ditemukan berada di angka 37 persen untuk perempuan dan 48 persen untuk laki-laki.

Survei yang sama menunjukkan wanita memiliki kecenderungan tidak mengatakan mereka puas dengan kualitas masjid di mana mereka tinggal, 67 persen berbanding 78 persen. Meski demikian, tidak sedikit kemungkinan bagi wanita Muslim untuk melaksanakan shalat lima waktu, 45 persen dan 39 persen.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments