Turki Minta Bantuan Uni Eropa Atasi Kebakaran Hutan

  • Bagikan
Hutan yang terbakar di kawasan Mazi yang diselimuti asap saat kebakaran hutan bergulung menuruni bukit menuju pantai, memaksa orang untuk dievakuasi, di Bodrum, Mugla, Turki, Minggu, 1 Agustus 2021. Lebih dari 100 kebakaran hutan telah dikendalikan di Turki, menurut para pejabat. Menteri kehutanan mentweet bahwa lima kebakaran terus berlanjut di tujuan wisata Antalya dan Mugla.

Turki mengalami kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 ANKARA — Turki meminta bantuan dari Uni Eropa (UE) untuk mengatasi kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu. Pemerintah Turki mengaktifkan Mekanisme Perlindungan Sipil Uni Eropa untuk meminta dukungan pemadam kebakaran kepada Komisi Eropa.

Brussels telah mengirim beberapa pesawat pemadam kebakaran, termasuk satu pesawat Canadair dari Kroasia dan dua warga Kanada dari Spanyol sebagai bagian dari rescEU, cadangan aset perlindungan sipil Eropa.

“Uni Eropa berdiri dalam solidaritas penuh dengan Turki pada saat yang sangat sulit ini,” kata Komisaris Uni Eropa untuk Manajemen Krisis, Janez Lenarcic, dilansir dari laman Arab News, Selasa (3/8).

“Saya berterima kasih kepada semua negara yang telah menawarkan bantuan. Pikiran kami bersama orang-orang Turki yang kehilangan orang yang mereka cintai dan dengan responden pertama yang berani yang melakukan yang terbaik untuk mengatasi api yang mematikan. Kami siap memberikan bantuan lebih lanjut,” ujar Janez.

Portugal, Spanyol, Prancis, Italia, Yunani, dan Kroasia dianggap sebagai negara paling rawan kebakaran di Eropa. Kroasia, Prancis, Yunani, Italia, Spanyol, dan Swedia telah menyediakan 11 pesawat pemadam kebakaran dan enam helikopter untuk digunakan oleh Negara-Negara Anggota UE lainnya dalam keadaan darurat.

Tanggapan terhadap kebakaran hutan telah mengungkapkan bahwa Turki yang memiliki 13 pesawat terbang dalam armada kepresidenan ternyata tidak memiliki satupun pesawat pemadam kebakaran.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments