AS Minta 24 Diplomat Rusia Pergi

  • Bagikan
Bendera AS dan Rusia

Diplomat Rusia sebut tiba-tiba memperketat prosedur penerbitan visa.

MOSKOW — Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat (AS) Anatoly Antonov mengatakan, AS telah meminta 24 diplomat Rusia untuk meninggalkan negara itu pada 3 September setelah visa mereka berakhir. Permintaan tersebut pun meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah National Interest, Antonov tidak mengatakan apakah tindakan AS didorong oleh perselisihan tertentu. Dia hanya menjelaskan, hampir semua akan pergi tanpa pengganti karena Washington tiba-tiba memperketat prosedur penerbitan visa.

“Kami berharap, akal sehat akan menang dan kami akan dapat menormalkan kehidupan diplomat Rusia dan Amerika di Amerika Serikat dan Rusia dengan prinsip timbal balik,” ujar Antonov.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menanggapi komentar tersebut dengan menjelaskan, AS tidak menggunakan visa diplomat  untuk membalas Rusia. Dia mengatakan karakterisasi duta besar itu tidak akurat.

Price tidak membantah fakta, diplomat Rusia harus meninggalkan AS. Menurutnya, bukan hal baru bahwa harus mengajukan perpanjangan visa  setelah tiga tahun. Aplikasi-aplikasi tersebut ditinjau berdasarkan kasus per kasus.

“Kami berhak untuk mengambil langkah-langkah tanggapan yang tepat untuk tindakan Rusia,” kata Price.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments