Rencana Perpanjangan PPKM Darurat Tekan IHSG

  • Bagikan
Refleksi karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta (ilustrasi). Rencana perpanjangan PPKM menekan IHSG ke zona merah pada pembukaan perdagangan Rabu (14/7).

Perpanjangan PPKM membuat kepercayaan investor menurun.

 JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona merah pada perdagangan hari ini, Rabu (14/7). IHSG dibuka melemah ke level 6.008,24 dan terus turun hingga level 5.957,04. 

Kepala riset Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi, mengatakan, penurunan IHSG ini disebabkan oleh faktor domestik, utamanya karena rencana perpanjangan kebijakan PPKM darurat.

“Adanya PPKM darurat guna menahan laju pertumbuhan kasus Covid-19 membuat tingkat kepercayaan investasi investor menurun,” kata Lanjar melalui risetnya, Rabu (13/7). 

Selain itu, kata Lanjar, faktor eksternal turut menekan pergerakan IHSG. Salah satunya yakni pulihnya perekonomian AS yang ditandai pertumbuhan inflasi di negara tersebut. 

Kondisi itu pun berhasil menarik perhatian investor untuk masuk ke pasar saham AS. Hal ini terlihat dari bursa saham di Wall Street yang kembali mencapai rekor tertinggi pada perdagangan sebelumnya. 

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments