Venezuela Dakwa Politisi Oposisi dengan Pasal Terorisme

  • Bagikan
Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Guevara adalah sekutu ketua oposisi Juan Guaido.

CARACAS — Jaksa Venezuela mengatakan telah mendakwa politisi Freddy Guevara dengan pasal terorisme dan pengkhianatan serta sejumlah tuduhan lainnya. Dakwaan ini diumumkan setelah badan intelijen Venezuela menangkapnya di sebuah jalan tol di Caracas.

Guevara adalah sekutu ketua oposisi Juan Guaido yang diakui sebagai presiden sah Venezuela oleh Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lainnya. Guaido mengatakan saat ia meninggalkan apartemennya untuk membantu Guevara sekelompok orang tak dikenal mengancam akan menangkapnya.

Dalam pernyataannya, Senin (12/7) lalu kantor kejaksaan Venezuela mengatakan mereka mengeluarkan surat penangkapan untuk Guevara atas tuduhan ‘berhubungan dengan kelompok ekstremis dan paramiliter yang berasosiasi dengan pemerintah Kolombia’. Penangkapan ini terjadi saat pemerintah dan oposisi mempersiapkan negosiasi bulan depan.

Negosiasi yang digelar di Meksiko dan dimoderatori Norwegia itu bertujuan mengakhiri krisis politik di Venezuela. Dalam pidato yang disiarkan televisi Presiden Nicolas Maduro mengkonfirmasi pertemuan tersebut.

Namun ia mengatakan oposisi kembali menggunakan taktik kekerasan sebelum pertemuan digelar. Tanpa menyebut nama Guevara atau Guaido ia mengatakan telah memiliki bukti sejumlah aktor berencana melakukan kudeta dan tindakan jaksa berdasarkan bukti-bukti tersebut.

“Saya sepakat dengan perundingan Meksiko dan Norwegia, tapi harus ada syarat, harus ada penolakan tegas terhadap kekerasan,” kata Maduro.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments