Salah Satu Pembunuh Presiden Haiti Jadi Informan AS

  • Bagikan
Polisi berjaga di bawah jembatan layang di Port-au-Prince, Haiti, Senin, 12 Juli 2021. Presiden Jovenel Moise dibunuh pada 7 Juli.

Tersangka bukan informan aktif pada saat pembunuhan Presiden Haiti

 WASHINGTON — Salah satu pelaku pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise, telah menjadi informan Badan Penegakan Narkoba AS (DEA). Pelaku tersebut merupakan pria Amerika Haiti yang ditangkap oleh pihak berwenang pekan lalu.


Pihak berwenang Haiti pekan lalu menangkap dua pria Haiti-Amerika yaitu Joseph Vincent (55 tahun), dan James Solages (35 tahun). Mereka diduga terlibat dengan 26 pelaku lainnya yang merupakam warga Kolombia dalam serangan terhadap Presiden Moise.


Seorang pejabat DEA yang berbicara dengam syarat anonim pada Senin (12/7) mengatakan, antara Vincent dan Solages diduga menjadi informan DEA. Namun sumber tersebut menolak mengatakan siapa di antara kedua pria itu yang menjadi informan.


“Salah satu tersangka dalam pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise adalah sumber rahasia DEA,” kata pejabat DEA itu dalam email.


Pejabat tersebut menambahkan, tersangka telah menghubungi DEA setelah pembunuhan dan mendesaknya untuk menyerah. “Orang-orang ini tidak bertindak atas nama DEA,” ujar pejabat itu.


Sumber penegak hukum mengatakan, tersangka bukan informan aktif pada saat pembunuhan. Pihak berwenang Haiti telah menangkap dalang pembunuhan Moise pada Ahad (11/7). Pelaku adalah Christian Emmanuel Sanon yang merupakan warga Amerika-Haiti. 


Badan-badan penegak hukum dan intelijen AS sedang menyelidiki mengapa orang-orang Haiti-Amerika berpartisipasi dalam pembunuhan itu. Haiti meminta kepada Departemen Kehakiman AS untuk membantu penyelidikan pembunuhan Moise.


“Penilaian awal telah dilakukan di Haiti oleh pejabat senior AS. Departemen juga akan menyelidiki apakah ada pelanggaran hukum pidana AS sehubungan dengan masalah ini,” kata juru bicara Departemen Kehakiman AS Anthony Coley.  


 

sumber : Reuters

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments