Rusia Larang Animasi Mortal Kombat karena Bahayakan Anak

  • Bagikan
Animasi

Animasi ‘Mortal Kombat’ dinilai memotivasi anak melakukan perilaku agresif.

JAKARTA — Pengadilan Rusia telah melarang penayangan animasi “Mortal Kombat Legends: Scorpion’s Revenge” dan beberapa judul animasi lain di negara itu. Film yang baru dirilis akhir tahun 2020 tersebut dinilai dapat memotivasi anak untuk melakukan perilaku agresif atau melukai diri sendiri.

Selain Mortal Kombat, Rusia juga melarang serial animasi dewasa buatan Amerika, “Happy Tree Friends”. Animasi ini memang termasuk film yang bergenre dark comedy atau kartun dengan adegan sadis di dalamnya.

“Menonton serial animasi itu pastinya akan merugikan pendidikan, perkembangan spiritual, dan moral anak-anak. Film animasi itu juga bertentangan dengan sifat humanis dari pendidikan yang melekat di Rusia,” demikian pernyataan pengadilan Distrik Oktyabrsky St. Petersburg kepada kantor berita Rusia RIA Novosti, seperti dilansir dari Malay Mail, Selasa (13/7).

Beberapa judul animasi lain yang dilarang oleh pemerintah Rusia meliputi Dante’s Inferno: An Animated Epic, adaptasi manga live-action “Attack on Titan Part 1”, dan “Dead Space: Downfall”. Para ahli menilai bahwa film animasi tersebut dapat membahayakan kesehatan mental, perkembangan spiritual dan moral anak-anak.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments