Ruang Isolasi Covid RS di Irak Terbakar, 64 Orang Tewas

  • Bagikan
Kebakaran/ilustrasi

Kebakaran diduga karena ada tangki oksigen yang meledak.

BAGHDAD — Lebih dari 60 orang tewas setelah kebakaran melanda bangsal isolasi Covid-19 di sebuah rumah sakit di kota Nasiriya, Provinsi Dhi Qar, Iraq, Senin (12/7) malam waktu setempat. Penyebab kebakaran di rumah sakit al-Hussein masih diselidiki, namun laporan mengatakan kebakaran dimulai setelah tangki oksigen meledak.

Media pemerintah Irak menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 64 jiwa. Sementara hampir 70 orang lainnya mengalami luka.

Juru bicara departemen kesehatan setempat, Dr. Ammar al-Zamili mengatakan, kebakaran diyakini dimulai setelah tangki oksigen meledak di ICU yang merawat pasien Covid-19. “Tim pertahanan sipil berhasil mengendalikan dan memadamkan api besar yang terjadi di rumah sakit al-Hussein di kota itu dengan bantuan petugas kesehatan dan sukarelawan lingkungan,” kata al-Zamili kepada CNN.

Bangsal baru untuk pasien Covid-19 memiliki ruang untuk 70 tempat tidur dan dibangun tiga bulan lalu. Seorang pejabat kesehatan mengatakan, bahwa setidaknya 63 orang berada di dalam ketika kebakaran terjadi.  “Saya mendengar ledakan besar di dalam bangsal virus corona dan kemudian api meletus dengan sangat cepat,” kata seorang penjaga rumah sakit kepada Reuters dikutip laman BBC, Selasa (13/7). Operasi pencarian masih berlangsung hingga kini.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments