Kondisi Jalanan Ibu Kota Haiti: Sepi dan Gelap

  • Bagikan
Anak-anak berjalan di jalan kosong di depan katedral yang hancur akibat gempa 2010 di Port-au-Prince, Haiti, Rabu, 7 Juli 2021.

Ibu kota Haiti diselimuti kegelapan yang seolah berada di perdesaan

PORT AU PRINCE – Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh di rumahnya yang dijaga ketat pekan lalu. Tak satu pun dari pengawalnya dilaporkan terluka.

Sekelompok mantan komando militer Kolombia dicap oleh kepala polisi sebagai pelakunya. Seorang dokter Amerika kelahiran Haiti juga diduga sebagai dalang pembunuhan.

Beberapa hari pascainsiden pembunuhan itu, jalan-jalan di Haiti tampak kosong dan gelap. Mengingat pascagempa Haiti yang dahulu ramai tapi kini menjadi sepi seperti hutan rimba.

Keadaan ini terjadi dikarenakan bukan hanya berkabung akan kematian presiden. Koresponden The New York Times (NYT) Catherine Porter dan tim pergi ke ibu kota Haiti. “Kami diselimuti kegelapan yang seolah berada di perdesaan, bukan ibu kota yang padat dengan lebih dari satu juta orang,” kata dia.

Port Au Prince kembali mengalami pemadaman listrik. Ini adalah sebuah fenomena yang semakin umum bahwa Presiden Jovenel Moise yang awalnya berjanji menanganinya rupanya gagal untuk memperbaiki.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments