Hati-Hati, Dexamethasone Justru Lemahkan Daya Tahan Tubuh

  • Bagikan
Penggunaan dexamethasone justru membuat daya tahan tubuh orang positif Covid-19 menjadi lemah, sehingga membuat virus menjadi mudah meraja lela.

Dekan FKUI ingatkan masyarakat untuk tak konsumsi dexamethasone sembarangan.

JAKARTA — Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Ari Fahrial Syam mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli obat sesuai dengan resep yang viral. Daftar obat itu disebut-sebut berkhasiat untuk Covid-19.

Salah satu obat yang direkomendasikan ialah dexamethasone. Prof Ari juga menemukan resep dari platform telemedicine yang turut memberikan dexamethasone.

Prof Ari menjelaskan, ilmu kedokterkan berbasis bukti menyebut dexamethasone tidak berguna untuk pasien tanpa gejala. Demikian juga dengan gejala ringan dan sedang.

“Saya pernah menyampaikan mengenai dampak buruk mengonsumsi dexamethasone ini, saya sebut obat ini sebagai pisau bermata dua,” ungkap Prof Ari.

Untuk orang tanpa gejala, gejala ringan, dan sedang, khususnya di awal penyakit, yang dibutuhkan adalah peningkatan daya tahan tubuh. Prof Ari mengungkapkan, dexamethasone justru membuat daya tahan tubuh menjadi lemah, sehingga membuat virus menjadi mudah meraja lela.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments