Efek Radang Jantung Vaksin Pfizer dan Moderna Sangat Langka

  • Bagikan
Efek samping peradangan jantung usai vaksinasi Pfizer/BioNTech dan Moderna disebut amat jarang terjadi. Ilustrasi.

Efek samping peradangan jantung usai vaksinasi Pfizer dan Moderna disebut amat jarang

JAKARTA – Vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna diketahui berkaitan dengan risiko efek samping peradangan jantung. Akan tetapi, risiko efek samping ini terbilang sangat langka.

Ada dua jenis peradangan jantung yang dikaitkan dengan kedua vaksin Covid-19 tersebut. Kedua jenis peradangan tersebut adalah peradangan pada otot jantung yang dikenal sebagai miokarditis dan peradangan pada perikardium di jantung yang dikenal sebagai perikarditis.

Berdasarkan analisis terhadap kasus, European Medicine Agency (EMA) menemukan sebanyak 145 kasus miokarditis dan 138 kasus perikarditis di antara 177 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech yang telah diberikan. EMA juga menemukan 19 kasus miokarditis dan 19 kasus perikarditis di antara 20 juta dosis vaksin Covid-19 Moderna yang telah diberikan.

Ditemukan adanya lima kasus kematian terkait kasus peradangan jantung ini. Menurut ulasan, seluruh kasus kematian tersebut dialami oleh pasien lansia atau pasien yang sebelumnya sudah memiliki masalah jantung.

“Laporan-laporan ini sangat langka,” jelas Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency Inggris (MHRA) yang juga ikut menginvestigasi seperti dilansir BBC.

MHRA juga mengungkapkan efek samping peradangan jantung terkait kedua vaksin Covid-19 ini umumnya ringan. Individu yang mengalami efek samping ini biasanya kembali pulih dalam waktu yang cepat dengan terapi standar dan istirahat.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments