Air Kelapa, Bukan Obat Covid Tapi Kaya Manfaat

  • Bagikan
Pria minum air kelapa. Dari sisi mikronutrien, kandungan yang sangat menonjol pada air kelapa, adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

Air kelapa bahan pangan kaya vitamin B.

JAKARTA — Air kelapa muda akhir-akhir ini diburu masyarakat lantaran dianggap dapat menyembuhkan pasien positif Covid-19. Meski telah dibantah oleh berbagai pakar medis, air ini ternyata memiliki manfaat lain untuk kesehatan.

Dokter spesialis gizi klinis, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan kandungan nutrisi pada air kelapa mungkin saja bisa meningkatkan imunitas. Tetapi hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mampu berfungsi sebagai obat, apalagi obat Covid-19.

Dokter lulusan program pendidikan dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini memaparkan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa. Secara makronutrien, maka sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat.

Kelapa 94 persen terdiri dari air, 5 persen karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa, 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak. Dari sisi mikronutrien, kandungan yang sangat menonjol pada air kelapa, adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

“Kita tahu B9 itu kita kenal sebagai Folat. Ternyata Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan,” kata dr. Juwalita, dalam keterangan resminya pada Senin (112/7).

Ia mengatakan vitamin B6 memiliki banyak manfaat bagi sistem imun. Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B.

Vitamin B sendiri memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh sehingga reaksi kimia pada tubuh banyak didukung oleh vitamin B. Selain itu, dr. Juwalita mengatakan air kelapa juga memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi, karena mengandung kalium dan magnesium.

Kedua unsur tersebut ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Ini berarti membantu mencegah munculnya penyakit penyerta (komorbid) saat seseorang terpapar Covid-19. “Kemungkinan juga konsumsi air kelapa bisa memberi sugesti positif pada orang yang mengonsumsinya. Semua yang sifatnya sugesti positif terhadap tubuh kita bisa membawa dampak yang baik juga,” kata dr. Juwalita.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments