Pandemi, Jumlah Anak yang Dirawat Akibat DM Tipe 2 Meningkat

  • Bagikan
Seorang dirawat di rumah sakit (Ilustrasi). Tidur yang terganggu, pola makan yang buruk, dan kurang gerak kemungkinan meningkatkan faktor risiko diabetes tipe 2.

Tingkat rawat inap anak yang kena DM tipe 2 meningkat dua kali lipat.

NEW YORK — Tingkat rawat inap anak-anak yang baru terkena diabetes melitus (DM) tipe 2 meningkat lebih dari dua kali lipat di tengah pandemi Covid-19. Penelitian yang dipresentasikan oleh Dr. Daniel Hsia, profesor di Pusat Penelitian Biomedis Pennington, ini berasal dari analisis retrospektif penerimaan pasien di Rumah Sakit Anak Our Lady of the Lake di Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat.

Studi tersebut membandingkan tingkat kasus diabetes tipe 2 pada anak-anak yang masuk ke rumah sakit dari Maret hingga Desember 2020 dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Studi mengungkapkan, peningkatan tingkat rawat inap sebesar 0,62 persen (17 kasus dari 2.729 rawat inap) pada tahun 2020 untuk onset diabetes tipe 2, dibandingkan dengan 0,27 persen (8 kasus dari 2.964 rawat inap) pada tahun 2019.

Sekitar 23 dari 25 kasus melibatkan pasien Afrika-Amerika dan 19 pasien adalah laki-laki, menurut rilis yang diunggah oleh Asosiasi Diabetes Amerika, dilansir di New York Post, Rabu (30/6). Studi tersebut mengindikasikan bahwa karantina wilayah terkait pandemi mengurangi peluang untuk berolahraga dan meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan di depan layar.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments