Kekebalan dari Vaksin Moderna-Pfizer Bertahan Seumur Hidup

  • Bagikan
Seorang pegawai pusat vaksinasi RS Klinikum Stuttgart meletakkan alat suntik vaksin Moderna untuk melawan virus Corona dan penyakit COVID-19 ke dalam bilik vaksinasi di Stuttgart, Jerman, Kamis, 15 April 2021.

Studi mengungkap dosis penguat tidak dibutuhkan bagi penerima vaksin Pfizer-Moderna.

JAKARTA — Vaksin yang dikembangkan Pfizer dan Moderna diyakini dapat meningkatkan respons kekebalan selama bertahun-tahun terhadap virus penyebab Covid-19. Ini artinya, dosis penguat (booster) untuk kedua vaksin berbasis mRNA itu tidak diperlukan dalam waktu dekat.

Dilansir US News pada (29/6), studi yang diterbitkan di jurnal Nature tersebut menyatakan, perlindungan terhadap virus yang dipicu oleh vaksin bisa bertahan lama. Hanya saja, studi ini tidak mencermati vaksin produksi perusahaan farmasi lain, misalnya AstraZeneca atau Johnson & Johnson.

Temuan ini sejalan dengan hasil penelitian University of Oxford. Peneliti di Inggris menyimpulkan dua dosis vaksin Pfizer dan Moderna cukup efektif untuk membangun kekebalan.

“Ini pertanda baik untuk seberapa lama kekebalan yang dipicu vaksin bisa bertahan,” kata Ali Ellebedy, ahli imunologi di Washington University di St. Louis, Amerika Serikat, dikutip dari The Sun, Selasa (29/6).

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments