Indonesia Duduki Kursi Ketua G20, Ekonomi Jadi Fokus

  • Bagikan
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi.

Indonesia akan mendorong peningkatan ketahanan dan stabilitas ekonomi.

ROMA — Indonesia akan menduduki kursi ketua G20 pada tahun depan. Ketahanan dan stabilitas ekonomi bakal menjadi fokus Indonesia.

“Presidensi Indonesia akan dipergunakan untuk meningkatkan ketahanan dan stabilitas ekonomi, meningkatkan produktivitas, memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif, serta menciptakan kemitraan dengan multi-stakeholders,” kata Retno dalam konferensi virtual sesaat setelah menghadiri pertemuan fisik perdana para menlu G20 di Matera, Italia, Selasa (29/6).

Retno mengungkapkan, sejalan dengan jati diri Indonesia, semua hal itu bakal dilakukan secara inklusif. “Indonesia ingin membuat G20 bermakna, tidak hanya bagi anggotanya, melainkan seluruh negara di dunia,” ujarnya.

Menurut dia, semua itu hanya dapat tercapai dengan memperkuat kepemimpinan kolektif global yang lebih kuat. Caranya yakni melalui dialog serta kemitaraan antara G20 dengan negara-negara berkembang dari berbagai kawasan, baik itu Afrika, Pasifik, Karibia, dan lainnya. “Sehingga kita akan dapat pulih bersama, pulih lebih kuat,” ucap Retno.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments