Gawat Darurat Lembaga Survei

  • Bagikan
Ilustrasi Gawat Darurat Lembaga Survei. FOTO/Net
Ilustrasi Gawat Darurat Lembaga Survei. FOTO/Net

Penulis: M. Rizal Fadillah** 

PDIP uring-uringan atas hasil survei yang melambungkan Ganjar Pranowo sehingga secara terang-terangan melakukan pengganjalan sistematis partai atas kadernya sendiri.

Kasus tidak diundangnya Ganjar dalam acara DPD PDIP di Semarang yang dihadiri Ketua DPP PDIP Puan Maharani adalah bukti uring-uringan itu nyata. Permainan lembaga survei menjadi faktor penyebabnya melambungnya Ganjar Pranowo.

Sebaliknya, hasil survei yang menyatakan bahwa PDIP merupakan partai terbersih dipersepsikan atau diduga kuat mainan dari lembaga survei  mitra atau mungkin bayaran PDIP sendiri.

Said Didu menyebut hasil survei ini membuat dirinya terpaksa tertawa. PDIP yang banyak kadernya terlibat kasus korupsi aneh dinyatakan sebagai partai terbersih. Wajar masyarakat mencurigai lembaga survei seperti ini.

Banyak hasil survei aneh-aneh atau tidak masuk akal atau berbeda dengan bacaan publik tentang keadaan sebenarnya. Misalnya sebagian besar masyarakat puas dengan kinerja Jokowi-Maruf. Benarkah?

Lalu dilempar hasil survei bahwa Iriana istri Jokowi sebagai capres, begitu juga dengan statemen naiknya hasil survei soal elektabilitas partai sama dengan tingkat kepercayaan yang meningkat pada partai itu. Efeknya partai berkejaran memburu “image” elektabilitas. Atas bantuan lembaga survei “mitranya”.

  • Bagikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments